di gunakan selama 2 atau 3 tahun, harus siap-siap untuk dana untuk mengganti beberapa spareparts yang wajib diganti.
Namun
apabila pemakaian motor dengan baik dan servis rutin, penggantian
komponen bisa lebih lama lagi. Idealnya motor harus d servis secara
rutin minimal dua bulan sekali.
Untuk
motor matik, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, seperti
komponen CVT yaitu belt yang punya masa pakai tertentu. CVT terbuat
dari bahan campuran rubber, sehingga apabila dipakai terus menerus
terjadi keausan yang berakibat pada daya cengkram terhadap puli melemah
dan timbul gejala slip. V belt ini harus diganti setiap 20-25 km dan
harus dilakukan pengecekan atau servis setiap 10 ribu km.
Saringan
udara harus dilakukan juga pengecekan, apabila kotor akan membuat
kinerja motor tidak bagus dan campuran bahan bakar tidak optimal.
Saringan udara matik berbeda dengan motor bebek. Matik menggunakan
filter kertas yang menggunakan cairan khusus viskos yang berguna untuk
menangkap dan menempelkan partikel halus yang dihisap.
Oli mesin
harus diperhatikan. Gantilah oli mesin setiap 2.000-3.000 km. Telat
mengganti oli mesin akan berakibat fatal pada mesin dan mempengaruhi
kinerja mesin.
Untuk
spare parts motor sebaiknya menggunakan bawaan asli dari pabrikannya
motor Anda. Meskipun sedikit mahal tapi kualitas terjaga dan kita puas
dengan daya tahannya.
by: www.sijanggut.blogdetik.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar